LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUATAN MINYAK GANDAPURA - KIMIA ORGANIK



I. PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Minyak gandapura adalah suatu obat gosok yang dapat menghilangkan rasa sakit (lokal anestetik) yang efektif dan tidak memiliki efek samping yang serius untuk kulit. Minyak gandapura merupakan ester asam karboksilat yang dihasilkan dari reaksi antara asam karboksilat dengan alkohol menghasilkan ester dan air.

Metil salisilat merupakan ester dari asam karboksilat. Secara sintesis dapat diperoleh dengan mereaksikan asam salisilat dengan alkohol sampai mencapai reaksi seimbang. Untuk mepercepat reaksi perlu ditambah asam sulfat pekat sebagai katalisator dan dibantu dengan pemanasan. Metil salisilat dapat diperoleh dari alam dengan mengisolasinya dari daun tumbuhan gandapura. Sama seperti derivat asam salisilat lainnya, khasiatnya adalah menghilangkan rasa sakit setempat (lokal anestetik) yang mengadakan kontak langsung dengan saraf tepi (perifer) dalam bentuk asamnya melalui sentuhan yang bereaksi basa.

Sebagai mahasiswa kimia tentunya penting bagi kami untuk mempelajari hal tersebut, terutama dalam proses pembuatan minyak gandapura dari bahan sintetis. Sehingga kedepannya bisa memanfaatkan skill yang telah didapatkan saat praktikum ini.

1.2 Tujuan

Percobaan Adapun tujuan dilakukan percobaan ini adalah sebagai berikut :

1. Membuat minyak gandapura secara sintetis dari asam salisilat dan metanol.

2. Melakukan pemurnian metil salisilat.




II. TINJAUAN PUSTAKA


Minyak gandapura dahulu dikenal dengan minyak winter green, diperoleh dengan cara penyulingan uap dari daun Gautheria procumbens atau kulit betula lenta. Kandungan utamanya adalah metil salisilat (98%) yaitu senyawa ester dan digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal-pegal pada otot. Minyaknya jernih, baunya khas aromatik dan memiliki rasa manis panas (Yuliani, 2006).

Metil salisilat merupakan ester dari asam karboksilat. Secara sintetis dapat diperoleh dengan meraksikan asam salisilat dengan alkohol, sampai mencapai reaksi seimbang. Untuk mempercepat reaksi perlu ditambahkan asam sulfat pekat sebagai katalisator dan dibantu dengan pemanasan (Anonim).

Asam karboksilat adalah asam yang mengandung gugus karboksil –COOH, asam karboksilat tersebar luas di alam, asam ini ditemukan baik dai dalam tumbuhan maupun binatang. Semua molekul protein terbuat dari asam amino, jenis khusus asam karboksilat yang mengandung gugus amino (-NH2) dan gugus karboksil (-COOH). Ester mempunyai rumus umum R’COOR, dimana R’ dapat berupa H, suatu gugus alkil atau suatu gugus hidrokarbon aromatik dan R adalah gugus alkil atau gugus karbon aromatik. Ester digunakan pada pembuatan parfum dan pemberi rasa dalam industri gula-gula dan minuman ringan (Chang, 2003).

Dalam kimia, alkohol (atau alkanol) adalah istilah yang umum untuk senyawa organik apa pun yang memiliki gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon (Wikipedia, 2018).

Asam salisilat adalah nama lazim dari asam-o-hidroksibenzoat. Asam salisilat merupakan ester yang terbentuk dari asam salisilat dengan asam asetat. Asam salisilat biasa digunakan sebagai obat dengan nama aspirin (Melati, 2012).

Download Laporan Minyak Gandapura Full di sini (Via Google Drive)

1 Response to "LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUATAN MINYAK GANDAPURA - KIMIA ORGANIK"

  1. Nich...artikel mas sangat bermanfaat jadi tau bikin minyak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel