JURNAL ISOLASI DAN SKRINING MIKROBA PENDEGRADASI Sodium Dodecyl Sulfate (SDS) PADA LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA - JURNAL BIOKIMIA



ISOLASI DAN SKRINING MIKROBA PENDEGRADASI Sodium Dodecyl Sulfate (SDS) PADA LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA

Monica Dhamayanti dan Mulyono, Ph.D

Abstrak

Sodium Dodecyl Sulfate (SDS) merupakan bahan baku surfaktan sebagian besar detergen yang menjadi polutan lingkungan karena pembuangan ke lingkungan yang sangat besar setiap harinya. Tujuan dari kerja praktik ini adalah untuk mendapatkan mikroba yang mampu mendegradasi SDS. Isolasi dilakukan menggunakan media ¼ LB yang mengandung 20 ppm SDS. Hasil analisis residu detergen menggunakan medote Methylen Blue Active Subtance (MBAS). Prinsip dasar dari metode ini adalah pemindahan metilen biru dari larutan ke dalam pelarut organik yang tidak saling bercampur, kemudian membentuk kompleks antara metilen biru dengan surfaktan anionik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh empat isolat bakteri yaitu : SB-2-2, SB-2-3, SB-2-1, dan SB-1-1, dengan kemapuan degradasi berturut-turut sebesar 50,7%, 35,3%, 30,8%, dan 30,2% dalam waktu 24 jam.

Kata kunci: Limbah Cair, Isolasi, Mikroba Pendegradasi SDS, MBAS

Download full jurnal di sini (via google drive)




0 Response to "JURNAL ISOLASI DAN SKRINING MIKROBA PENDEGRADASI Sodium Dodecyl Sulfate (SDS) PADA LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA - JURNAL BIOKIMIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel